ARB Komit Berdayakan Pengusaha Kecil di Papua

Jumat, 09 November 2012 06:09

Sekretaris DPC Partai Golkar Kabupaten Merauke, Yulius Pounganan S.Sos saat menyerahkan sertifikat kepada perwakilan peserta pelatihan dan pendampingan pengusaha kecil di Papua.

Sekretaris DPC Partai Golkar Kabupaten Merauke, Yulius Pounganan S.Sos saat menyerahkan sertifikat kepada perwakilan peserta pelatihan dan pendampingan pengusaha kecil di Papua.

MERAUKE—Gerakan Ayo Bangkit (GAB) yang didukung oleh Aburizal Bakrie dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Papua, menggelar serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan di Kabupaten Merauke. Kegiatan yang diikuti sekitar 100 peserta dari kalangan usaha kecil di Merauke ini, berlangsung beberapa hari lalu di aula hotel Itese Merauke.

Koordinator Gerakan Ayo Bangkit Provinsi Papua, Aryo Heriadi mengatakan, kegiatan yang digelar ini untuk melanjutkan prakarsa dalam memberdayakan usaha kecil di seluruh pelosok Indonesia. Dan prakarsa ini juga merupakan tanggapan terhadap derasnya permintaan pelatihan dari berbagai kalangan melalui berbagai media baik secara lisan maupun tertulis.

“Selain itu kondisi bangsa hari ini dimana indeks pembangunan manusia (IPM) untuk tahun 2011 menempatkan Indonesia di posisi rendah dan tertinggal jauh dari Negara-negara di Asia Tenggara , sehingga memotivasi kami untuk mengadakan pelatihan ini,” kata Aryo .

Masih dikatakan Aryo, sudah banyak program/bantuan yang digelontorkan Pemerintah namun hasil akhirnya bisa dilihat bersama, yakni seperti apa kondisi bangsa Indonesia saat ini.

“Karena itu maka masyarakatlah yang harus menyelematkan dirinya sendiri dan anggota masyarakat yang lain dengan cara mengembangkan kewirausahaan,” terangnya.

Lebih jelas dengan maraknya kasus korupsi yang terjadi akhir-akhir ini sering diberitakan di berbagai media, baik cetak maupun media elektronik, menandakan bahwa saat ini masih banyak rakyat kecil yang dirugikan. Dan harus diakui, kata Aryo, bahwa korupsi merusak perkembangan ekonomi suatu bangsa.

“Jika suatu bproyek ekonomi dijalankan dengan unsur-unsur korupsi, maka pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dari proyek tersebut tidak akan tercapai,” paparnya.

Tambahnya Partai Golkar dan Aburizal Bakrie tetap berkomitmen untuk mendukung segala upaya pemberantasan korupsi. Hal ini selalu diserukan ARB kepada kader Golkar baik di tingkat pusat maupun di daerah.

“Hal konkrit yang disarankan Bapak Aburizal Bakriel (ARB) sebagai langkah antisipasi terhadap maraknya budaya korupsi yang mengakibatkan keadaan ekonomi menjadi menurun adalah dengan memperkuat sector usaha mikro, kecil dan menengah. Dimana hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki manajemen usaha yang sedang ditekuni. Selain itu memperluas pasar untuk menggaet semakin banyak konsumen ataupun melaksanakan diversifikasi usaha,” ujarnya seraya menambahkan, pada tahap kelima direncanakan ribuan pengusaha kecil di Provinsi Papua akan mendapatkan peningkatan skill usaha dan insetif pengembangan usaha.

“Para pengusaha tersebut dinominasikan oleh berbagai kelompok masyrakat, serta diseleksi oleh panitia seleksi independen yang dibentuk oleh GAB”.

Sementara itu Sekretaris DPC Partai Golkar Kabupaten Merauke, Yulius Ponganan S.Sos mengatakan, dalam suatu Negara jika kesejahteraan masyarakat meningkat maka akan meminimilasirkan tindakan korupsi dan nepotisme.

“Jadi kegiatan ini jangan selalu dikaitkan dengan momen 2014 , karena bagi sebuah parpol segala kegiatan atau program dilingkup parpol sudah direncanakan dengan matang,” terangnya. (lea/achi/LO1)