Di Skyland Mobil Dibakar OTK – Papua News Posterous

JAYAPURA [PAPOS]- Pemerintah Provinsi Papua akan mencairka Dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahap II, sesuai Peraturan Menteri Keuangan yakni, Dana Otsus tahap II cair bulan Juli ini. Namun, untuk pencairan Dana Otsus tahap II harus ada laporan pertanggung jawaban tahap I.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset aDaerah [BPKAD] Provinsi Papua, DR. Achmad Hatari,SE,M.Si, kepada wartawan di kantor Gubernur, belum lama ini.‘’Untuk pencairan dana Otsus tahap kedua harus ada laporan pertanggungn jawaban dari masing-masing kabupaten dan Kota mengenai penggunaan dana Otsus,”ujarnya.

Lantaran kata dia, sampai saat ini sebagian besar Kabupaten/kota belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban tahap I. Padahal dana Otsus tahap II dapat dicairkan apabila laporan pertanggungjawabannya sudah ada.

Walaupun demikian sudah ada beberapa Kabupaten yang menyampaikan laporan pertanggung jawabannya. Pemerintah Provinsi Papua telah mengajukan kepada Pemerintah Pusat untuk pencairan dana otsus tahap II. Hanya saja, jika mengikuti prosedur pencairan dana Otsus, maka dalam pencairan tahap berikutnya, harus ada pertanggungjawaban dana Otsus tahap I, bersamaan dengan surat permintaan Gubernur dengan melampirkan pertanggungjawaban dimaksud. Selanjutnya, jika ketentuan itu sudah lengkap maka Pemerintah Pusat akan segera mentransfer dana tahap berikutnya kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Kemudian untuk transfer ke Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi bakal menunggu penyampaian pertanggungjawaban penggunaan dana Otsus yang telah disalurkan sebelumnya serta Bupati melakukan permintaan dengan melampirkan pertanggungjawaban dimaksud.

Untuk itu, ia mengharapkan kalau dana Otsus tahap II turun bulan Juli, maka diharapkan Pemerintah secepatnya Kabupaten/Kota menyampaikan pertanggungjawaban. ‘’Kita selalu akan mengingatkan kabupaten/kota melalui telepon dan radiogram agar memberikan pertanggungjawaban penggunaan dana Otsus,’’ katanya.[tho]