Program TMMD Percepat Akselarasi Pembangunan di Daerah

Terlihat salah satu infrastruktur yang dibangun TNI

DOGIYAI — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-86 merupakan program lintas sektoral yang mana pelaksanaannya secara nasional digelar serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, program ini bertujuan membantu mempercepat akselarasi pembangunan didaerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga terwujudnya ketahanan wilayah yang tangguh untuk menghadapi berbagai macam bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di wilayah. Program TMMD ke-86 yang dilaksanakan di wilayah jajaran Kodam XVII/Cenderawasih dibuka secara resmi oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Erfi Triassunu. Tempat pembukaannya berlokasi di kampung Kamu Distrik Ikebo kabupaten Dogiyai. Hadir pada acara tersebut jajaran pejabat TNI dan Muspida setempat serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat. Kegiatan TMMD ke-86 ini akan berlangsung dari tanggal 1 s/d 30 Juni 2011.
Pangdam XVII/Cenderawasih yang dalam kesempatan tersebut membacakan amanat Kasad Jenderal TNI George Toisutta, mengatakan bahwa Program TMMD merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai kekuatan sistem Pertahanan semesta.

“Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dua kali setiap tahunnya ini, merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat,” ujarnya.

Disebutkannya, program TMMD dilaksanakan untuk membantu pemerintah dalam upaya memberdayakan wilayah pertahanan, meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi hakekat ancaman yang ada.

“Sedangkan untuk wilayah Papua dan Papua Barat, melalui program TMMD ke-86 yang digelar Kodam XVII/Cenderawasih ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan rakyat di daerah pedesaan/kampung, mengingat proses perencanaannya disusun dengan system Bottom Up Planning,” urainya.

Lanjutnya, dimana keputusan tempat atau lokasi ini sesuai hasil musyawarah kampung, distrik dan kabupaten, sehingga benar – benar dari bawah dan setelah diperhatikan daerah tersebut memang masih memerlukan beberapa bantuan pembangunan fasilitas umum.
Untuk itulah sasaran kegiatan fisik diutamakan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama untuk membuka isolasi daerah terpencil guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah. (dee/jer/erick)

Ditulis oleh redaksi binpa
Jumat, 03 Juni 2011 15:22