Kondisi Wamena Belum Normal] Kondisi Wamena Belum Normal

Liputan6.com, Wamena: Kondisi Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (4/10), belum normal setelah Markas Kepolisian Sektor Bandar Udara Wamena diserang puluhan orang. Untuk menangani kasus tersebut, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat langsung berdialog dengan pimpinan Dewan Adat Papua (DAP).

Peristiwa berasal dari adu mulut antar polisi dengan sejumlah anggota DAP pagi tadi. Saat itu personel Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Bandara Wamena sedang memeriksa dua karung berisi pakaian dan atribut milik DAP yang dikirim dari Jayapura.

Petugas kemudian menahan barang tersebut dengan alasan untuk diperiksa. Namun, anggota DAP menolak dan terjadilah keributan yang berujung pada penyerangan Mapolsek Bandara.

Seorang warga bernama Ismael Lokobal tewas karena luka tembak, sementara tiga lainnya terluka. Kepala Kepolisian Resor Wamena Ajun Komisaris Besar Polisi I Gede Sumerta Jaya juga terluka oleh lemparan ketapel dan batu [baca: Mapolsek Bandara Wamena Diserang Warga].(WIL/ANS)