Hutan Asmat Belum Didata

Senin, 09 Agustus 2010 00:00

ASMAT [PAPOS] – Hutan Kabupaten Asmat hingga saat ini belum ada data base luasan secara permanen baik hutan lindung, hutan dikonversi, hutan terbatas dan hutan areal penggguna lain (APL) dan perkebunan.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Asmat, Elias Bapaimu yang ditemui Papua Pos di ruang kerjanya, Jumat [6/8] lalu mengungkapkan hingga saat ini belum adanya data base luasan hutan Kabupaten Asmat. Namus dia mengatakan, secara bertahap akan dilakukan pendataan mulai dari hutan lindung sampai dengan taman Lorenz hingga perbatasan Kabupaten Nduga.

“Memang saat ini kita belum mengetahui secara pasti hutan Kabupaten Asmat secara pasti kita hanya melihat itu dari wilayah masing-masing dimana yang termasuk hutan lindung, hutan konversi,” katanya.

Dikatakan, potensi hutan yang menghasilkan Kayu besi atau kayu merbau yang hanya ada di Kabupaten Asmat hingga saat ini diperkirakan tinggal 40 persen.

Padahal kayu Membrau yang dominan digunakan di Asmat baik untuk pembangunan jalan, perumahan dan digunakan para pengukir sebagai bahan ukiran.Dalam memantau peredaran hutan para pengusaha dibatasi dengan setiap pengambilan hasil hutan harus dilaporkan ke Dinas Kehutanan.[cr-57]