Sebanyak 26 penghuni Penjara Klas II A Abepura, Jayapura, Papua melarikan diri

JAYAPURA, KOMPAS.com – Sebanyak 26 penghuni Penjara Klas II A Abepura, Jayapura, Papua melarikan diri, Sabtu (5/6/2010).

Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua, Nazarudin Bunas, membenarkan kejadian tersebut. "Kejadian kaburnya para warga binaan Lapas Abepura itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIT, dan baru diketahui pada sore harinya," kata Nazarudin Bunas, Sabtu malam.

Ia menjelaskan, dari total 26 orang warga binaan lapas Abepura yang melarikan diri terdiri dari 11 orang berstatus tahanan dan 15 orang di antaranya sudah berstatus narapidana.

Nazarudin Bunas yang mengaku baru menerima laporan perihal kejadian itu menambahkan, dirinya akan segera melaporkannya kepada Menkumham, Patrialis Akbar.

"Sudah banyak kali kejadian warga binaan yang kabur di Lapas Abepura. Jadi saya akan usulkan kepada Pak Menteri untuk menambah lagi petugas keamanan di lapas Abepura. Selain itu, kepada para petugas dan sipir yang selama ini bertugas di lapas Abepura akan saya tindak tegas. Bila perlu mereka akan dipecat," papar Nazarudin Bunas.

Kejadian kaburnya warga binaan di Lapas Klas IIA Abepura, Jayapura, Papua, ini, bukan kejadian pertama. Pada awal bulan Mei 2010 lalu, 18 orang warga binaan juga dilaporkan melarikan diri dari lapas Abepura. Dari 18 orang itu, baru satu orang yang telah berhasil ditangkap.