Satu Orang Tewas Tertimbun Longsor di Jayapura

Jayapura (ANTARA News) – Satu orang warga Dok V, Jalan Lembah Yapis, Kota Jayapura, Papua, ditemukan tewas tertimbun tanah longsor yang melanda kawasan tersebut, Jumat (4/6) pagi.
Kepala Kesatuan Bangsa (Kesbang) Provinsi Papua, Washington Turip, Jumat, mengatakan, korban tewas tersebut bernama Rumbeka Degey (36) dan berstatus sebagai istri Simon Kudiay (35).

Ia menjelaskan, meninggalnya satu orang itu karena terbawa oleh reruntuhan tanah dari ketinggian lima meter lalu tertimbun tertimbun. Sementara, satu korban lainnya yang selamat, Yuniaria Kudiay (5), anak Simon Kudiay.

"Korban meninggal direncanakan akan dimakamkan Sabtu (5/6), sementara Yuniaria Kudiay, masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura," ujarnya.
Simon Kudiay menjelaskan, peristiwa tanah longsor itu terjadi pada Jumat pagi sekitar pukul 05:30 WIT.

Diawali ketika hujan yang terus mengguyur kawasan itu sejak dua malam berturut-turut, sementara tebing setinggi lima meter yang berada di atas rumah korban mendadak longsor dan menimbun tiga rumah.

Sementara, di lingkungan tersebut hanya ada delapan kepala keluarga (KK) yang tinggal, sedangkan dengan kejadian ini, tujuh KK lainnya selamat.

"Lokasi tempat tinggal korban berada di lembah Yapis, jadi kawasan ini memang rawan terjadi tanah longsor," ucapnya.

Hingga Jumat siang, sejumlah warga dibantu aparat keamanan dan Departemen Sosial masih membersihkan sisa longsor tersebut.
(KR-ALX/S026)
COPYRIGHT © 2010