Dua Warga Luka Ringan Akibat Gempa 6,3 SR

Kamis, 6 Mei 2010 16:29 WIB

engkulu (ANTARA News) – Dua warga Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, mengalami luka ringan akibat gempa berkekuatan 6,3 pada skala richter (SR) yang terjadi pada Rabu (5/5) pukul 23.39 WIB.

"Laporan yang kami terima dari BPBD Bengkulu Utara ada dua warga yang luka ringan karena terjatuh saat melarikan diri, tapi tidak sampai dirawat di Puskesmas, hanya luka ringan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Yohanes Noor di Bengkulu Kamis.

Ia mengatakan, gempa yang berlokasi 4,23 derajat LS dan 100,95 derajat BT, berpusat di laut sekitar 144 km barat daya Lais memang sangat terasa kuat di daerah itu.

Gempa itu dirasakan antara III-IV MMI di Ketahun dan Ipuh Muko Muko, selain itu juga dirasakan III MMI di Muara Aman, Kabupaten Lebong.

"Getarannya memang terasa kuat dan warga sempat keluar rumah tapi tidak ada bangunan yang rusak," katanya.

Yohanes meminta agar warga Lais dan Provinsi Bengkulu pada umumnya tetap waspada dengan gempa susulan dan gempa lainnya yang berpotensi melanda Bengkulu akibat gesekan dua lempeng aktif Indo-australia dan Eurasia.

Setelah gempa berkekuatan 6,3 SR tersebut, gempa susulan berkekuatan 5,0 SR kembali mengguncang Bengkulu pada Kamis sekitar pukul 13.14 WIB.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa susulan itu terjadi pada 4,36 derajat lintang selatan (LS) dan 100,92 derajat bujur timur (BT).

Gempat berpusat sekitar 155 km barat daya Lais, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, dengan kedalaman 10 km, namun tidak berpotensi tsunami.

(ANT/S026)

COPYRIGHT © 2010