Polisi Terus Cari Solusi Kwamki Lama

TIMIKA [PAPOS] – Kepolisian Mimika saat ini terus berupaya untuk mencari jalan keluar penyelesaian konflik berkepanjangan antar dua kelompok warga di Kwamki Lama Timika.

Hal itu dikatakan Kepala Kepolisian Resort Mimika AKBP. Moch Sagi saat ditemui Papua Pos di Lapangan Timika Indah seusai mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Senin [3/5]. Kata dia, salah satu upaya yang dilakukan adalah terus mempertemukan kedua pihak yang saling bertikai untuk mencari jalan keluar. Selain itu, pertemuan ini juga dimaksudkan agar warga kedua kubu tidak terus menerus memikirkan untuk bertikai ”Kita akan mempertemukan mereka terus sehingga dapat mencari jalan keluar permasalahan yang diinginkan kedua pihak,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, polisi sedang mencari akar permasalahan untuk penyelesaian konflik dengan melakukan pendekatan hukum positif, namun masyarakat juga memaksa agar polisi dapat mengakomodir penyelesaian secara adat bukan hanya dengan hukum positif”Kalo masalah dapat diselesaikan dengan cara hukum positif dan adat, kita akan lakukan dua-duanya,” ujarnya.

Kata dia, Polisi dalam kasus ini hanya sebagai mediator dengan menampung semua aspirasi kedua pihak guna mencari solusi permasalahan yang dikehendaki dua pihak. Yang pasti keamanan di kwamki lama harus terus terjaga, jangan sampai ada lagi pertikaian karena akan terus menimbulkan jatuhnya korban yang berdampak pada semakin meluasnya masalah. ‘’Kami tidak ingin pertikaian terjadi lagi, kami sudah minta agar dua pihak meletakan panah sambil terus melakukan razia bagi warga yang membangkang,” tegas Kapolres.

Dia juga meminta agar penyelesaian masalah Kwamki Lama bukan hanya menjadi tanggungjawab polisi tapi semua stakeholder karena polisi tidak dapat bekerja sendiri. Menurutnya, situasi kamtibmas dua hari ini berangsur-angsur aman, namun kedua pihak masih terus saling jaga karena belum ada kata sepakat untuk menyelesaikan masalah. ‘’Polisi masih terus disiagakan di Kwamki Lama sampai kondisi benar-benar aman,” kata Kapolres. [cr-56]

 

Ditulis oleh Cr-56/Papos   
Selasa, 04 Mei 2010 00:00