DAP Biak Ingikan Orang Papua Jenderal Bintang Empat

[BIAK [PAPOS] – Ketua dewan adat Papua wilayah Biak, Yan Pieter Yarangga menyambut baik atas kebijakan pemerintah, berkenaan dengan memberikan peluang putera asli Papua menjadi Prajurit TNI semakin terbuka. Namun dia berpendapat, sudah selayaknya sekarang ini anak anak adat Papua diberi kesempatan untuk memimpin daerahnya sendiri, termasuk juga di bidang kemiliteran.

Pernyataan ini disampaikan Yan Pieter ketika dikonfirmasi wartawan di Biak belum lama ini seputar peluang Putera asli Papua yang semakin terbuka menjadi prajurit TNI.

Menurutnya, anak anak Papua harus diberi kesempatan dan dipreoritaskan untuk berkarya hingga menduduki tingkat kepemimpinan tertinggi seperti yang diemban oleh seorang Jenderal bintang Empat.

Yarangga menilai, kalau menjadi prajurit TNI itu hanya untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, lebih baik tidak usah karena tanah Papua itu kaya dan dapat diolah untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“ Kalau hanya pangkat pangkat bawah, untuk apa? Itu kan belum bisa mengambil kebijakan. Berarti hanya untuk mendapatkan pekerjaan, lebih baik tidak usah. Kalau pemerintah Indonesia berani, sekolahkan anak anak Papua jadi Jenderal Bintang Empat, itu baru kami dukung,” ujarnya.

Dia melihat, sudah banyak contoh yang nyata atas keberhasilan kepemimpinan TNI yang berasal dari putra asli Papua, namun belum pernah mereka diberi peluang sampai pada pimpinan tertinggi yang dapat mengambil kebijakan dan keputusan di lembaga pertahanan dan keamanan Negara tersebut.

Pada kesempatan itu pula, dia menghimbau kepada pemerintah Pusat dan daerah, agar lebih memperhatikan dan hendaknya dapat mengangkat anak Papua dari berbagai ketertinggalan sehingga dapat disejajarkan dengan pembangunan diberbagai bidang yang telah dimiliki oleh daerah daerah lain di Indonesia.[cr-54]

Ditulis oleh Cr-54/Papos
Senin, 03 Mei 2010 06:58