Dana Otsus Tahap I Ditransfer ke Kabupaten

Ditulis oleh Anyong/Papos
Kamis, 29 April 2010 00:00
JAYAPURA [PAPOS] – Setelah mendapatkan kucuran dana Otonomi Khusus dari pemerintah pusat sebesar 15 persen untuk tahap pertama beberapa waktu lalu, pemerintah provinsi Papua langsung melakukan transfer sebesar 15 persen dari dana tahap awal dana Otsus ke kabupaten/kota melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua (Bank Papua-red).

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Dr. Achmad Hatari, SE, M.Si, sebanyak 15 persen fresh money Otsus tersebut sudah didroping ke Kantor Pusat BPD Papua yang akan ditransfer hari ini, Kamis (29/4), ke masing-masing kas daerah kabupaten/kota melalui kantor BPD di kabupaten/kota masing-masing.

“ 15 persen dana Otsus sudah kita drop ke kantor pusat Bank Papua. Paling lambat, besok sudah diteruskan ke BPD kabupaten,” ujar Hatari kepada wartawan di kantor Gubernur, Rabu (28/4) kemarin.

Meski begitu, Hatari mengatakan pemerintah Provinsi Papua masih akan menunda proses transfer kepada 8 kabupaten yang belum menyampaikan usulan rencana devinitif Otsus Tahun Anggaran 2010.

Kedelapan kabupaten itu, yakni Kabupaten Keerom, Jayapura, Mamberamo Raya, Lani Jaya, Nduga, Puncak Jaya, Puncak dan Mamberamo Tengah. “Jadi, khusus untuk 8 kabupaten ini kita belum transferkan dana Otsusnya. Sebab mereka belum sampaikan usulan rencana devinitif. Tapi jika mereka sudah mengajukan besok, maka akan segera kita salurkan tentunya,” paparnya.

Sementara itu, Achmad Hatari mengaku, pembagian dana Otsus untuk seluruh kabupaten pada tahun 2010 ini, masih mengacu kepada plafon anggaran tahun 2009. Kabupaten terbesar yang mendapat transfer 15 persen dana Otsus, yakni Yahukimo dan Pegunungan Bintang yang mendapat fresh money sekitar Rp. 8.962.207.800.

Sedangkan transfer terkecil masih tetap diberikan bagi seluruh kabupaten pemekaran terbaru, antara lain Kabupaten Intan Jaya, Dogiyai dan Deyai yang mendapat transfer Rp.1.910.887.950.[anyong]